Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS PERTEMUAN 3 METODE RISET


TUGAS PERTEMUAN 3 METODE RISET
PENDAHULUAN
·         Judul
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Blacberry di Kalangan Mahasiswa
·         Latar Belakang  Masalah
Perkembangan teknologi, khususnya di dunia telekomunikasi telah digemparkan oleh hadirnya alat komunikasi yang semakin canggih. Yang tidak hanya difungsikan sebagai alat percakapan saja, melainkan telah memiliki fungsi ganda seperti untuk mengakses informasi melalui internet, sebagai sarana hiburan, komunikasi secara audio visual, dan sebagai sarana untuk memudahkan pekerjaan.
Handphone dengan kemampuan yang lebih dari sekedar alat komunikasi dan sms disebut dengan telepon pintar, atau lebih dikenal dengan sebutan smartphone. Blackberry merupakan salah satu smartphone yang cepat diterima oleh masyarakat, terutama dikalangan mahasiswa. Tak heran jika kemana pun  kita sekarang melangkah, kita akan menemukan orang-orang yang tengah asyik menggerakkan jari jemarinya untuk berpetualang dengan “dunia blackberry” . Blackberry atau yang lebih dikenal dengan sebutan BB, sepertinya saat ini sudah menjadi kebutuhan yang utama layaknya sandang, pangan dan papan.
Pengambilan keputusan konsumen untuk membeli handphone merk blackberry juga dipengaruhi oleh adanya kebutuhan mencari variasi. Kebutuhan mencari variasi merupakan komitmen secara sadar untuk membeli merk lain karena individu terdorong untuk mencoba hal baru dan memilik rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal baru yang tujuannya adalah untuk mencari kesenangan dari merk yang biasa dipakainya (Setyaningrum, 2005)
·         Fenomena
Jumlah pengguna blackberry di kalangan mahasiswa
·         Riset Terdahulu
Menurut Setyaningrum (2005) menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi penggunaan blackberry adalah kebutuhan mencari variasi. Kebutuhan mencari variasi merupakan komitmen secara sadar untuk membeli merk lain karena individu terdorong untuk mencoba hal baru dan memilik rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal baru yang tujuannya adalah untuk mencari kesenangan dari merk yang biasa dipakainya. Sedangkan menurut (Klein dalam Ivan Gunawan,2003 : 4) perilaku konsumen untuk memenuhi kebutuhannya telah didorong oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor persepsi konsumen itu sendiri terhadap barang yang ditawarkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa citra merk sebuah produk tadi telah menjadi magnet yang kuat untuk mendorong konsumen untuk membeli barang-barang, baik dari segi kebutuhan maupun dari segi penilaian konsumen dari produk itu sendiri. Sebegitu pentingnya proses persepsi konsumen terhadap citra merk suatu produk dapat terlihat saat seorang individu telah memberikan persepsi positif pada suatu citra merk barang, maka ia juga akan memiliki nilai asosiatif yang positif pula pada produk tersebut. Hal ini kemudian dianggap penting karena walaupun yang dihasilkan oleh produsen adalah produk, namun yang dibeli oleh individu tersebut selaku konsumen adalah brand atau merk dari barang tersebut

·         Motivasi Penelitian
Berdasarkan fenomena dan riset terdahulu, maka penelitian tentang analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Blackberry di kalangan mahasiswa merupakan motivasi dari penelitian ini.
·         Masalah
Perilaku mahasiswa yang menggunakan blackberry disebabkan karena penggunaan internet yang meningkat tajam dan karena rasa senang mahasiswa untuk browsing serta chatting. Selain itu, blackberry lebih diminati oleh kalangan mahasiswa karena fitur-fitur blackberry yang lebih lengkap dan lebih canggih untuk memenuhi kebutuhan internet di kalangan mahasiswa.
·         Perumusan Masalah
Berdasarkan motivasi penelitian, maka perumusan masalahnya adalah analisis faktor faktor yang mempengaruhi penggunaan blackberry di kalangan mahasiswa.
·         Tujuan
Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan blackberry.
·         Daftar Pustaka
Nur Hasan (2011), Fenomena Penyebaran Blacberry di Kalangan Mahasiswa, Universitas Mercu Buana (http://industri16nurhasan.blog.mercubuana.ac.id/2011/04/15/tugas-4-2-fenomena-penyebaran-blackberry-di-kalangan-mahasiswa/)
 http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/19550/6/Chapter%20I.pdf Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek  Blacberry di Kalangan Mahasiswa
Ni. Made Desthiarini
3EA11/ 11209835
Tugas ini diberikan oleh Bpk.Prihantoro

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar