Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TUGAS PERTEMUAN 4 METODE RISET


Judul  : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Blackberry di Kalangan Mahasiswa
Tema  : Perilaku Konsumen

BAB II
LANDASAN TEORI
A.    Teori dan Konsep Dasar
Menurut Kotler (2002:183) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dapat
diukur melalui: faktor budaya, faktor sosial, pribadi, dan psikologis. Faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen akan mendasari variasi hasil proses keputusan konsumen.
Namun untuk tiap produk atau jasa memiliki faktor-faktor yang berbeda pula tergantung dari
perilaku konsumennya. Hubungan keempat faktor tersebut dengan keputusan pembelian produk
dapat digambarkan sebagai berikut :
a. Faktor Budaya
Faktor budaya adalah faktor yang dipengaruhi kepercayaan, nilai-nilai, dan kebiasaan
yang dipelajari yang membantu mengarahkan perilaku konsumen para anggota masyarakat
tertentu. Komponen yang termasuk didalamnya yaitu budaya, sub-budaya, dan kelas sosial
konsumen.
b. Faktor Sosial
Faktor sosial adalah faktor yang dipengaruhi oleh orang-orang disekitar kita.
Komponen yang termasuk didalamnya yaitu kelompok acuan, keluarga, serat peran dan status
sosial konsumen.
c. Faktor Pribadi
Faktor pribadi adalah faktor yang dipengaruhi oleh karakteristik pribadi dari seorang
konsumen. Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, keadaan
ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli.
d. Faktor Psikologis
Faktor psikologis adalah faktor paling mendasar dalam diri individu yang akan
mempengaruhi pilihan-pilihan seseorang dalam membeli. Komponen yang termasuk
didalamnya yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan, serta keyakinan dan sikap.

B.     Tinjauan Riset Terdahulu
Ada beberapa penelitian mengenai penggunaan Blackberry, misalnya saja tulisan dari sumber  http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/19550/6/Chapter%20I.pdf mengenai “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap
Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek BlackBerry (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program S-1 Ekstension Fakultas Ekonomi USU)”.  Persamaan yang ada pada tulisan tersebut dengan penelitian ini adalah mengenai masalah faktor yang mempengaruhi penggunaan blackberry dikalangan mahasiswa.
C.     Indikator
a.       Faktor budaya
Indikator   :  pergeseran budaya, daerah geografis, kelas sosial
b.      Faktor sosial
Indikator   : pengaruh lingkungan kelompok, pengaruh anggota keluarga, pengaruh teman
c.       Faktor pribadi
Indikator   : uang saku, gaya hidup
d.      Faktor Psikologis 
Indikator   : motivasi, persepsi, pengetahuan


Nama         : Ni Made Desthiarini
NPM         : 11209835
Kelas         : 3EA11

Tugas ini diberikan oleh Bpk.Prihantoro

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar